Ditulis oleh infosyiah di/pada 1, Maret 6, 2008

Beberapa waktu lalu, para Menteri Komunikasi negara-negara Arab mengadakan pertemuan yang membahas masalah kontrol sebagian siaran televisi satelit. Setelah ada kesepakatan, dokumen tersebut dilayangkan kepada seluruh negara-negra Arab. Disebutkan bahwa tujuan asli pertemuan itu untuk melarang penayangan televisi Almanar.

Organisasi Radio dan Televisi Arab sebelum ini, dalam sebuah pertemuan lain juga menuntut agar diberlakukannya kontrol atas televisi satelit yang ditayangkan lewat Neil Sat dan Arab Sat.
Sumber-sumber yang dapat dipercaya menyebutkan bahwa satu-satunya tujuan dari pertemuan itu adalah mencegah penayangan televisi Almanar yang ditayangkan lewat Neil Sat dan Arab Sat yang dimiliki Mesir dan Arab Saudi. Disebutkan bahwa pihak Almanar telah memahami hal ini dan kini tengah memikirkan alternatif lain.

Abdul Hadi Mahfouz, Ketua Dewan Komunikasi Lebanon yang mengusulkan membicarakan masalah ini. Menurutnya, pembicaraan ini hanya bersifat konsultasi terkait dengan terkait dengan masih ada permasalahan dengan dokumen rujukan yang ditetapkan oleh para Menteri Komunikasi Liga Arab.

Kepada koran al-Nahar Mahfouzh mengatakan, “Dokumen yang ada itu bertentangan dengan undang-undang Radio dan Televisi Lebanon. Karena itu menjadi rujukan untuk memberikan pelayanan komunikasi lewan dua satelit di dunia Arab.”

Dia melanjutkan, “Ada kekhawatiran berdasarkan dokumen itu, televisi Almanar dan Aljazeera akan ditekan untuk mengikuti prinsip-prinsip yang ada. Bila ada pelanggaran, maka siaran keduanya akan dicekal.

Sumber : infosyiah.wordpress.com