Pangeran Abdulaziz telah menciptakan portofolio Kementrian Pertahanan dan Penerbangan Saudi Arabia sejak 1962. Menteri Sifat BurukWakil Mentri, Abdulrahman bin Abdulaziz, adalah saudaranya. Putra tertuanya, Khalid bin Sultan, ditetapkan sebagai Assisten Menteri Pertahanan untuk Military Afair pada 2001.

Situasi militer

Dengan robohnya rezim Iraqi Ba’athist pada pertengahan 2003, ancaman konvensional terbesar kepada Kerajaan Saudi terhapus. Situasi militernya, ancaman menjadi lebih sedikit dan lebih kompleks.

Ancaman paling utama sekarang datang dari tribesmen di Yemen yang menyeberang perbatasan sesuka hati (seperti ketika mereka sudah selama berabad-abad) dan kehadiran siapa mengancam integritas Saudi yang berkenaan dengan wilayah.

Republik Islam Iran adalah ancaman potensial yang lain . Perilaku nya kejatuhan Shah telah biasanya senang mikir diri sendiri, tetapi juga tak dapat diramalkan dan oleh karena itu khawatir, bagaimanapun pertemuan-pertemuan terbaru antar Kinglah Abdullah Saudi Arabia dan President Ahmadinejad Iran sepertinya adalah mempertunjukkan hubungan ditingkatkan antara kedua negara-negara. tindakan laut atau Udara berhungan dengan Iran bisa mengancam arus gratis minyak, kritis kedua-duanya kepada dunia industri dan kepada negara-negara yang memproduksi minyak. Shias Iran bisa meluas jangkauan nya untuk menumbangkan Shiite minoritas di Saudi Arabia.

Kementerian Pertahanan dan Penerbangan bertanggung jawab menyangkut militer Saudi Arabia. Kementerian juga mempunyai tanggung jawab untuk konstruksi pelabuhan udara warganegara seperti halnya basis militer, dan untuk Departemen Meteorologi.

Arab Saudi akan membeli peralatan militer dari Rusia. Pada bulan Oktober 2007, suatu nota ditandatangani oleh dua negara dan akhirnya pembelian mencapai 150 Mi-17 baru dan Mi-35 helikopter dg harga 2.2 milyar USD. Bahkan rumornya tank T-90 dan sistem penangkis pesawat juga akan dibeli.

Militer merupakan suatu lapangan kerja yang utama dan menyediakan penanggulangan masalah pengangguran yang sangat besar pada bangsa ini dengan membawa banyak pemuda-pemuda ke dalam pertahanan dalam negeri.

Cabang Kementrian Pertahanan dan Militer:

  • Saudi Arabian Army Royal Saudi Naval Forces (including a Naval Air Wing and Marines)

  • Independent military branches Saudi Arabian National Guard Saudi Royal Guard Regiment General Intelligence Directorate (Al Mukhabarat Al A’amah)

  • Military Police Force Lightning Force (Qowwat Al-Sa’eqah – Commandos)

  • Military branches of Ministry of Interior General Security Forces Saudi Arabian Police Force Saudi Arabian Traffic Police Force Saudi Special Emergency Force (Counter-Terrorists / Anti-Riot)

  • Mission-Security Force (Amn Al-Mahammaat)

  • Secret Service (Al Mabaahith Al Jena’eyah)

  • Saudi Arabian Border Guard Saudi Border Guard Saudi Coast Guard Al-Mujahidoon (support force for Border Guards)

  • Civil Defense of Saudi Arabia

Sumber