Israel
Tahun 1948, 1956, dan 1997 terjadi erang Arab – Israel. Israel menjadi salah satu negara yang memiliki Potensi menjadi ancaman bagi Arab Saudi di Kawasan Asia Barat. Kawasan ini (Timur Tengah) merupakan kawasan yang dinamisasi politiknya sangat tinggi. Walaupun kawasannya sebagian besar adalah gurun dan gersang, kawasan ini memiliki cadangan Sumber minyak yang besar sehingga Negara-negara besarpun mempunyai kepentingan terhadap kawasan ini.
Selain itu, Asia barat merupakan daerah tempat lahirnya beberapa agama. Yerusalem dianggap tempat suci bagi tiga agama sekaligus, yaitu Yahudi, Islam dan Kristen. Oleh karenanya penganut ketiga agama itu saling bertentangan hingga sekarang. Konflik Israel Palestina tak juga terselesaikan. Konflik antara dua negara ini akan berpengaruh pada stabilitas kawasan. Israel bisa saja menyerang negara-negara islam kapan saja dengan dukungan negara-negara besar. Ini merupakan potensi ancaman bagi arab saudi.

Negara sekitar (Yordania, Iraq, Kuwait
Ancaman dari negara-negara ini berkaitan dengan krisis air yang dialami Arab Saudi. Sekitar 60 % air yang digunakan di negara Arab diperoleh dari sumber dari luar daerah mereka termasuk Yordania, Irak dan Kuwait. Ini membuat negara-negara Arab bergantung pada daerah lain dalam hal pemenuhan kebutuhan air. Sebagai konsekuansinya, air akan digunakan di masa depan untuk tekanan ekonomi dan politik. Oleh karenanya  Pemenuhan kebutuhan air berpotensi menjadi sebuah tekanan politik dan ekonomi bagi Arab Saudi apabila tidak segera diantisipasi. Seperti ketergantungan negara pengkonsumsi minyak terhadap produksi minyak Arab Saudi.
Negara Arab harus mengatur strategi untuk menggunakan sungai-sungai dan sumber air yang lain dan bertukar informasi yang berhubungan dengan air dan desalinasi.
Sumber air di Arab Saudi adalah sungai dan danau yang sangat sedikit, serta air bawah tanah yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat Arab. Krisis air yang terjadi menjadi isu yang sangat penting menyangkut kehidupan masyarakat Arab.
Krisis air ini terjadi karena perkembangan dan pertambahan populasi yang terus meningkat, sehingga kebutuhan air tanah pun meningkat.

Iran
Iran juga merupakan salah satu negara di kawasan Asia barat yang berpotensi menjadi ancaman bagi Arab Saudi. Terutama karena kepemilikan Nuklirnya yang suatu saat Iran dapat membuat senjata Nuklir. Ini bukan saja ancaman bagi Arab Saudi saja, namun negara-negara di kawasan Asia Barat dan negara lainnya.