1.Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak Bumi (OPEC)
Organization of the Petroleum Exporting Countries atau OPEC adalah organisasi yang bertujuan menegosiasikan masalah-masalah mengenai produksi, harga dan hak konsesi minyak bumi dengan perusahaan-perusahaan minyak. OPEC didirikan pada 14 September 1960 di Bagdad, Irak. Saat itu anggotanya hanya lima negara. Sejak tahun 1965 markasnya bertempat di Wina, Austria.

2.Liga Arab (Arab League)
Liga Arab adalah sebuah organisasi yang terdiri dari negara-negara Arab(bandingkan dengan dunia Arab). Organisasi ini didirikan pada tanggal 22 Maret 1945 oleh tujuh negara. Piagamnya menyatakan bahwa Liga Arab bertugas mengkoordinasikan kegiatan ekonomi, termasuk hubungan niaga; komunikasi; kegiatan kebudayaan; kewarganegaraan, paspor, dan visa; kegiatan sosial; dan kegiatan kesehatan. Piagam Liga Arab juga melarang para anggota untuk menggunakan kekerasan terhadap satu sama lain. Markas Liga Arab berada di Kairo. Arab Saudi merupakan negara pendiri organisasi ini.Negara angoota Liga Arab memiliki sumber daya alam yang amat besar, diantaranya minyak dan Gas Alam, terutama di kawasan Teluk. Beberapa negara anggota Liga Arab memiliki tanah yang subur, terutama di bagian Sudan. Beberapa kawasan, seperti daerah Mesir, Lebanon, Tunisia, dan Yordania juga merupakan negara anggota Liga Arab yang memiliki kawasan industri. Liga Arab juga mendirikan lembaga bantuan Arab Economic League, untuk membantu ekonomi beberapa negara berkembang Anggota Liga Arab, seperti Sudan.

3.Organisasi Konferensi Islam (OKI)
OKI adalah sebuah organisasi antarpemerintahan yang menghimpun 57 negara di dunia. OKI didirikan di Rabat, Maroko pada tanggal 12 Rajab 1389 H (25 September 1969) dalam Pertemuan Pertama para Pemimpin Dunia Islam yang diselenggarakan sebagai reaksi terhadap terjadinya peristiwa pembakaran Masjid Al-Aqsa pada 21 Agustus 1969 oleh pengikut fanatik Kristen dan Yahudi di Yerusalem.
Sekjen OKI (Organisasi Konferensi Islam) Prof Ekmeleddin Ihsanoglu menegaskan perlunya melakukan reformasi terhadap OKI yang usianya sudah lebih dari 25 tahun. OKI dinilai sudah tidak efektif lagi, khususnya dalam mengatasi konflik dan perang di antara negara-negara OKI, atau mencegah agresi dan intervensi dari negara-negara asing. Termasuk terjadinya kekacauan di berbagai kawasan Islam, seperti Palestina, Lebanon, Iraq, dan Afghanistan.

4.Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nation (PBB atau UN)
PBB adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara di dunia. Lembaga ini dibentuk untuk memfasilitasi dalam hukum internasional, pengamanan internasional, lembaga ekonomi, dan perlindungan sosial.

5.International Islamic Relief Organization (IIRO)

6.Gulf Cooperation Council (GCC)

7.Organisasi lainnya
ABEDA, AfDB, AFESD, AMF, BIS, FAO, G-77, GCC, IAEA, IBRD, ICAO, ICC, ICRM, IDB, IFAD, IFC, IFRCS, IHO, ILO, IMF, IMO, IMSO, Interpol, IOC, IPU, ISO, ITSO, ITU, LAS, MIGA, NAM, OAPEC, OAS (observer), OIC, OPCW, OPEC, PCA, UN, UNCTAD, UNESCO, UNIDO, UNRWA, UNWTO, UPU, WCO, WFTU, WHO, WIPO, WMO, WTO

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_Negara-negara_Pengekspor_Minyak_Bumi
http://id.wikipedia.org/wiki/Liga_Arab
http://www.suara-islam.com/index.php?Itemid=86&id=1468&option=com_content&task=view
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_Konferensi_Islam
http://www.indexmundi.com/saudi_arabia/international_organization_participation.html